Demi Indonesia Saya Korbankan Warga Negara Sebagai Finalis Piala Dunia

Ada cerita menarik dibalik kedatangan sosok pemain satu ini, pemain yang sebenarnya bisa saja saat itu menjadi salah satu warga negara Eropa andai dia memilih negara tersebut dan todak meneruskan keyakinannya kepada Indonesia.
Akan tetapi dia lebih peduli terhadap keberadaan Timnas Indonesia walau dalam konteks kita selalu kesulitan mendapatkan tempat di mata dunia. Ya, kesulitan ini memang selalu ada apalagi jika kita melihat kiprah Timnas Indonesia yang hanya berkutat disekitar Asia Tenggara saja juga belum menampakkan hasil signifikan.
Seperti dikutip dari indosport (8/8/2018) Stefano Lilipaly sebenarnya dia bisa saja bergabung dengan Belanda, setelah penampilan gemilangnya bersama tim muda Utrecht membuat Lilipaly mendapat kesempatan untuk membela Tim Nasional Belanda, mulai dari U-15 sampai U-18.
Namun, dia lebih memilih bergabung bersama Indonesia dan menjadi warga negara Indonesia lewat darah sang ayah yang mengalir. Tepatnya pada saat itu Lilipaly memutuskan untuk berseragam Indonesia pada saat dua bulan setelah debutnya bersama Utrecht, Lilipaly resmi menjadi warga negara Indonesia.
Debut perdana Lilipaly terjadi saat Indonesia menang 2-0 atas Filipina dalam laga persahabatan yang berlangsung di Stadion Manahan, ketika itu dia mengawali debut perdananya berkostum sang merah putih.
Ini memang sebuah perjuangan keras yang dilakukan Lilipaly demi membela panji merah putih, meskipun dia bisa saja berseragam Timnas Belanda ketika itu namun dia memilih untuk mengorbankan status sebagai bagian dari negara finalis Piala Dunia, kecintaannya kepada lambang Garuda di dada adalah sebuah bukti bahwa kita bangga punya pemain yang peduli akan nasib bangsanya.
Aksi Lilipaly seperti ini mengingatkan kita pada saat Pepe yang pernah menolak untuk berseragam Brazil yang notabene dia adalah kelahiran Maceio, Brasil. Namun Pepe lebih memilih bergabung dengan Portugal yang walaupun secara kelas struktur sepakbolanya lebih diperhitungkan Brazil.
Sejauh ini pencapaian terbaik Pepe adalah dengan menjuarai Euro 2016 silam. Sekarang mungkinkah Lilipaly akan mendapatkan gelar yang bergengsi setelah kembali di percaya Luis Milla dalam skuat Asian Games mendatang?
Sumber : UC News
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==