Peringkat Persija di Klasemen Sementara Liga 1 Menimbulkan Kontroversi. PT LIB Menjelaskan

Usai bermain imbang dengan Arema FC dalam lanjutan Liga 1 2018 yang digelar pada Minggu 05/08, Persija Jakarta tiba-tiba saja nangkring diposisi keempat klasemen sementara Liga 1 2018. Kejadian itulah yang kini menimbulkan kontroversi.
Jika, mengacu pada regulasi yang telah dibuat PT LIB, seharusnya Persija Jakarta berada pada peringkat keenam klasemen sementara liga 1 2018. Sebab, meski raihan poin Tim Macan Kemayoran sama dengan Bali United, Barito Putera dan Bhayangkara FC namun secara head to head Persija kalah.
Menurut klasemen sementara Liga 1 2018 yang disusun PT LIB, klub berjuluk Macan Kemayoran itu berada di peringkat keempat setelah meraih 29 poin alias sama dengan Bali United, Barito Putera, dan Bhayangkara FC. Namun dari head to head Persija Jakarta pernah kalah dari Bali United dan Barito Putera.
Oleh karena itu, jika mengacu pada regulasi seharusnya peringkat Persija dibawah Bali United dan Barito Putera. Dalam regulasi yang buat PT LIB disebutkan di Pasal 9 Ayat (4) Regulasi Liga 1 2018, bahwa penentuan peringkat klasemen ditentukan lebih dulu oleh poin yang dikumpulkan masing-masing kontestan.
Apabila terdapat 2 klub atau lebih memiliki jumlah poin sama, maka penentuan peringkat ditentukan berdasarkan head to head, selisih gol, jumlah gol memasukkan, lalu undian di antara tim yang punya poin sama.
Namun, operator Liga 1 punya pendapat sendiri soal peringkat yang telah mereka susun. Menurut PT LIB selaku operator Liga, mereka menyusun klasemen sementara liga 1 2018 tak hanya melihat head to head tapi juga berdasarkan jumlah gym.
"Peringkat tim yang punya nilai serupa memang pertama-tama ditentukan oleh head-to-head, tapi dengan syarat utama bahwa semua tim terkait harus punya jumlah gim yang sama (equal/saling bertemu)."
"Bila syarat ini tidak terpenuhi, langsung ke kriteria berikutnya," kata Media Officer PT LIB Hanif Marjuni dilansir BolaSport.com (08/08/2018).
Hanif juga menyebut jika syarat head-to-head tidak berlaku karena Persija dan Bhayangkara sudah dua kali berlaga musim ini. Hal itu membuat Persija sudah melakoni 4 pertandingan di antara keempat tim yang punya jumlah poin yang sama, sementara tiga tim lainnya masih mengantongi satu partai sisa.
"Kasus pekan ini, Persija dan Bhayangkara sudah bermain dua kali (artinya, Persija sudah menjalani 4 pertandingan di antara 4 tim yang punya poin sama, --Red), sedangkan Barito Putera dan Bali United masih tiga kali bermain di antara mereka," ucap Hanif.
"Ini yang membuat posisi keempat tim tersebut ditentukan dengan selisih gol," katanya.
Apa yang telah dilakukan PT LIB dalam menyusun klasemen sementara Liga 1 2018 pada pekan ini tentu menimbulkan banyak kecurigaan. Pasalnya mereka menyusun daftar klasemen dengan cara mengabaikan regulasi yang telah mereka buat sendiri.
Sumber : UC News
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==